MARAKNYA PENGGUNA SITUS JEJARING SOSIAL

PENDAHULUAN

Meningkatnya perkembangan teknologi memicu perkembangan penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook, twiter, you tube, dan sebagainya. Penggunanya pun tidak kenal usia. dari yang muda maupun yang sudah berkeluarga sekalipun. orang yang gaptek. Dengan situs jejaring sosial ini  kita bisa menjalin komunikasi dengan orang banyak. bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Selain dapat menjalin komonikasi dengan situs seperti ini kita dapat meningkatkan wawasan kita karena banyak berita – berita update atau terbaru yang dapat kita perolah dari situs tersebut. Namun setiap kelebihan atau manfaat yang diberikan oleh adanya situs jejaring sosial banyak juga kerugian yang dapat kita peroleh apabila kita tida hati – hati dalam penggunaannya.

PEMBAHASAN

Pengaruh Situs Jejaring Sosial Terhadap Penggunanya

Jejaring sosial adalah sebutan lain terhadap web community. Jejaring sosial adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah:

* saling bertukar pendapat/komentar,

* mencari teman,

* saling mengirim email,

* saling memberi penilaian,

* saling bertukar file dan lain sebagainya.

Dampak Negatif

1.       Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.

2. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.

3. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.

4. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.

Dampak Positif:

  1. Memperluas pergaulan.
  2. Sebagai media promosi dalam bisnis.

Penyalahgunaan Situs Jejaring Sosial

Kemudahan orang untuk menyalahgunakan situs jejaring sosial untuk berbuat kejahatan membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan situs-situs jejaring sosial untuk mencari mangsa. Sebagai contoh, kasus anak-anak dibawah umur yang hilang sejak mengenal seseorang yang jauh melalui Facebook. Semua ini karena anak-anak ini belum paham dengan motif kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Selain karena pendidikan tentang dunia internet yang masih minim, peran serta orang tua dalam memantau anak-anaknya juga bisa menjadi pokok permasalahannya. Peran orang tua untuk engajarkan anak-anaknya tentang dunia internet dan juga bahayanya sangat diperlukan. Namun, jika orang tuanya Gaptek, tentu ini akan menjadi masalah yang cukup rumit. Pendidikan di sekolahan juga tidak pernah mengajarkan tentang bagaimana baik dan buruknya dunia internet.

PENUTUP

Semenjak situs jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter) menyedot perhatian publik. Sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s