BAHAYA PENGGUNAAN HANDPHONE

PENDAHULUAN

Telepon genggam atau Handphone merupakan salah satu perkembangan tekhnologi. Dengan kecanggihannya, telepon genggam bukan hanya sebagai alat komunikasi melainkan jg bisa digunakan untuk mengirim data di internet, nonton TV, mendengarkan radio maupun mp3 dsbnya. Kehadiran Hand Phone atau telepon selular yang hampir merata di seluruh penjuru negeri Indonesia telah membentuk aktivitas komunikasi tersendiri. Dengan kata lain revolusi dalam berkomunikasi di Indonesia sudah memasuki tahap baru dengan kehadiran Hand Phone (HP).

Perkembangan jenis HP semakin hari semakin meningkat. Mulai dari fasilitas yang disediakan sampai bentuknya. Perkembangan pesat dalam dunia sistem komunikasi kita tentunya akan mengubah pola komunikasi yang terjadi di masyarakat selama ini. Sebelum ada media massa, nyaris sistem komunikasi yang berkembang di Indonesia masih memakai peralatan sederhana (media tradisional maupun tatap muka). Akan tetapi lima tahun terakhir, Indonesia dihebohkan dengan pola komunikasi melalui telepon seluler atau biasa disebut dengan Hand Phone (HP). Bagi orang komunikasi, mereka menyebutnya dengan komunikasi seluler. Namun dari banyak keuntungan yang diberikan oleh teknologi komunikasi berupa Handphone/ telepon seluler, ternyata terselip banyak sekali kerugian yang membawa dampak buruk terhadap perkembangan psikologis seseorang, terhadap kesehatan dan juga membuat aksi kejahatan serta praktik bisnis illegal semakin marak terjadi.

 PEMBAHASAN

Pengguna Handphone di Indonesia

Hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan sudah menggunakan handphone sebagai media komunikasi. Menurut catatan Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), saat ini, sekitar 180 juta penduduk Indonesia sudah menjadi pelanggan layanan seluler. Itu berarti, sudah sekitar 60 persen populasi di tanah air sudah memiliki perangkat telekomunikasi.
Keterangan tersebut diungkapkan oleh Sarwoto Atmosutarno, Ketua Umum ATSI di sela pembukaan FKI & ICS 2010 di Jakarta Convention Center, 14 Juli 2010. Dari 180 juta pengguna, 95 persen di antaranya adalah pengguna layanan prabayar.

Studi terbaru lembaga penelitian ROA (Research On Asia) Group mengungkapkan perkembangan pasar ponsel Indonesia yang terus tumbuh pesat. Diprediksikan juga angka pertumbuhan tahun 2007 sampai 2010. Disebutkan, pengguna ponsel di Indonesia tercatat sebanyak 68 juta pada akhir tahun 2006 dan akan tumbuh menjadi 94,7 juta pada tahun 2007. Pada tahun 2010, angka pengguna ponsel di Indonesia pun diprediksikan mencapai angka 133 juta. Dengan kata lain, sekitar separuh dari seluruh populasi negeri ini yang diperkirakan mencapai 250 juta jiwa, merupakan pengguna ponsel. Dengan demikian, Indonesia pun akan menempati peringkat ketiga pasar ponsel terbesar di Asia setelah Cina dan India.

Bahaya Radiasi Handphone

Di balik semua kecanggihan dan manfaat yang didapat dari handphone, ternyata terdapat dampak negatif yang dapat merugikan penggunanya. Beberapa hasil penelitian tentang radiasi handphone (taken from “ELECTRICAL SENSITIVITY”nya Prof. Dr.dr.anies, M.Kes,PKK ) yaitu sebagai berikut:

  • Penelitian di Finlandia, radiasi elektromagnetik telepon seluler selama 1 jam mempengaruhi produksi protein pada sel. Meskipun tdk harus membahayakan kesehatan, ttpi jika terjadi pd sel otak dpt berakibat fatal
  • Laporan dari European Journal of Cancer Prevention Augst 02 menyatakan pengugnaan HP lebih rentan bagi timbulnya kanker orak daripada tdk pernah menggunakannya sama sekali
  • ICNIRP (International Comission on Non Ionizing Radiation Protection) dan FCC (Federal Communication Commision) menyatakan telepon seluler aman, meskipun wajib bagi produsen mencantumkan tingkat pajanan radiasi SAR (Spesific Absorption Rate) pada buku manualnya.
  • Meskipun emisi telepon seluler sangat kecil, apabia berada di dekat kepala selama beberapa menit dpt menaikan suhu di sel-sel otak sekitar 0,1 derajat C.

Berikut bahaya dari radiasi handphone :

o       Memanaskan Otak dan Kulit

o       Risiko Terkena Kanker

o       Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA

o       Bayi Cacat

o       Peningkatan Tekanan Darah

o       Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s

o       Jantung dan Batu Ginjal

o       Penurunan Gairah Sex, Rasa Terbakar dan Kelelahan

o       Racun Dari Tambalan Gigi

o       Sakit Kepala,  Pusing-Pusing, Kehilangan Konsentrasi

Cara Mengurangi Radiasi Handphone

Handphone merupakan salah satu alat yang banyak kita pakai dan sepertinya kita tidak bisa lepas darinya. Namun, sadarkah bahwa handphone mengeluarkan radiasi, yang katanya memberi pengaruh buruk pada kesehatan. Berikut cara untuk mengurangi radiasi handphone :

¨      Gunakahlah headset / speaker

¨      Perbanyak mendengar, kurangi bicara

¨      Gunakan SMS

¨      Posisi handphone sejauh lengan

¨      Sinyal tiba-tiba hilang? Matikan saja.

¨      Tak perlu pelindung

¨      Kurangi penggunaan ponsel pada anak

PENUTUP

Penggunaan handphone memang sangat dibutuhkan untuk komunikasi pada zaman sekarang ini, namun dalam pemakainnya kita juga harus bijaksana. Jangan terlalu berlebihan dalam pemakainnya karena selain akan berdampak pada perekonomian pribadi juga dapat berakibat pada kesehatan. Dalam mengikuti arus perkembangan teknologi jangan sampai kita merrugikan diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s