Tips Meningkatkan Semangat Belajar

 

Ada kalanya murid merasa jenuh dengan aktifitas kelas yang monoton. Sering kali jika suasana kelas sudah menjadi “kaku”, anak-anak akan menjadi sulit berkonsentrasi pada materi yang diberikan karena merasa jenuh dengan suasana kelasnya.
Tidak ada salahnya bila guru memberikan selingan ditengah-tengah berjalannya proses belajar-mengajar, atau yang kita kenal dengan istilah ice breaking. Ice breaking adalah suatu kegiatan peralihan situasi dari kondisi yang membosankan, mengantuk, menjenuhkan, dan tegang menjadi suasana yang rileks, bersemangat, tidak membuat ngantuk, serta dapat mengembalikan konsentrasi dan perhatian yang tadinya sudah mulai menurun atau hampir hilang. Beberapa contoh ice breaking misalnya tebak-tebakan nama tokoh, tebak-tebakan tanggal-tanggal bersejarah, games cepat-tepat menjawab, atau bisa juga kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan materi yang disampaikan seperti tebak lagu atau beberapa permainan yang membuat murid bersemangat kembali (misalnya permainan “sedang apa”). Kegiatan ice breaking ini dapat dilakukan 5-10 menit, jangan diberikan terlalu lama karena nantinya malah akan membuat murid menjadi malas atau enggan menerima pelajaran kembali. Dalam ice breaking ini, guru juga boleh memberikan reward agar meningkatkan semangat belajar murid.

Karena itu, kemampuan pedagogi guru sangatlah memegang peranan penting dalam menciptakan suasana kelas yang aktif. Jika para murid sudah mulai jenuh dengan materi pelajaran yang disampaikan, buatlah suatu kondisi yang dapat membangkitkan kembali semangat belajarnya.
By ernymath

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s